Widget edited by super-bee

Laman

10.20.2011

Perkenalan dengan HTML

HTML adalah bahasa pemrograman dasar yang digunakan untuk membangun sebuah situs. HTML sangat mudah digunakan dan diaplikasikan, oleh karena itu apabila kita ingin belajar membangun sebuah situs sendiri maka bahasa HTML wajib kita pelajari. Pelajaran HTML ini akan diberikan dalam bahasa yang mudah dimengerti sehingga kita dapat belajar mulai dari nol alias tidak tahu apa-apa tentang html.

Anggap kita sedang ingin membuat suatu kue. Sebelum membuat suatu kue maka kita harus mengetahui terlebih dahulu bahan-bahan yang akan kita gunakan beserta tahapan-tahapannya agar kue itu nanti terasa lezat apabila dimakan. Membuat file html pun demikian, sebelum membuat suatu file html kalian harus mengerti struktur dari file html itu sendiri dan 'bahan-bahan' yang digunakan dalam membuat file tersebut agar file html kalian dapat tampil dengan bagus di browser manapun.

HTML merupakan singkatan dari Hypertext Markup Language yang merupakan bahasa paling standard yang digunakan untuk membuat suatu website. HTML bukanlah merupakan suatu bahasa pemrograman, karena bahasa ini hanya berguna untuk mengontrol tampilan dari suatu halaman (web page) beserta isinya, beda dengan bahasa PHP yang didalamnya dapat mendukung suatu bentuk perulangan (Loop) atau bentuk pengandaian (if-else) sehingga bahasa PHP dapat disebut sebagai suatu bahasa pemrograman. Namun dengan berawal dari bahasa paling dasar ini kamu dapat menambahkan obyek-obyek lainnya seperti gambar, suara, video, dan permainan flash dalam suatu dokumen HTML.

Untuk membuat suatu dokumen HTML, hal-hal yang kita perlukan hanyalah sebuah text editor biasa seperti : Notepad atau Wordpad (program standar bawaan dari windows) lalu kamu mengetikkan kode HTML didalamnya kemudian di save (simpan) dengan akhiran (ekstensi) .htm atau .html. Sebagai contoh kita bisa menyimpan dokumen HTML kamu dengan nama belajar.html Bila kamu ingin sebuah HTML editor yang lebih profesional lagi, mungkin kamu bisa menggunakan program MS FrontPage atau bahkan Dreamweaver (editor HTML yang paling terkenal), tetapi tentunya kedua program (software) diatas merupakan software berbayar yang tentunya disini sayai amat tidak menyarankan kamu untuk mencari crack-nya atau menggunakan software ilegal. Kemudian apabila file kamu telah disimpan dengan akhiran .html atau .htm maka selanjutnya kamu dapat membukanya dengan software (dalam hal ini disebut browser) seperti : Internet Explorer (bawaan windows) , Mozilla Firefox , Google Chrome , Opera , atau browser lainnya.


Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More