Widget edited by super-bee

Laman

1.02.2011

Cara Hack Facebook Dan Menghindarinya

Cara hack Facebook atau disebut dengan Facebook Hacking ini sangat ramai dibicarakan. Sebelumnya saya tidak berniat menulis artikel tentang "cara Hack Facebook" karena toh saya bukan seorang Hacker. Berawal dari banyaknya teman2 saya yang Facebook-nya kena hack, maka saya akan mengulas bagaimana cara umum meng-hack akun Facebook agar anda tau cara menghindari agar akun Facebook anda tidak di-hack.

Situs Facebook bukanlah situs kacangan yang dengan mudah bisa di-hack. Jadi, seringnya kasus jebolnya akun Facebook karena para Facebook Hacker bisa memanfaatkan KECEROBOHAN DAN MINIMNYA PENGETAHUAN FACEBOOK USER.

Perhatikan dengan seksama beberapa cara umum hack Facebook dan cara menghindarinya dibawah ini (CTT: SAYA TIDAK MELAMPIRKAN SCRIPT ATAUPUN SOFTWARE YANG DIGUNAKAN):

1. Phising ( Fake Login Facebook )


Phising merupakan istilah yang diambil dari kata Fishing yang artinya Memancing.

Phising didunia internet berarti memancing korban untuk mengunjungi halaman tertentu.

Phising di Facebook berarti Hacker menggunakan segala cara untuk memancing anda agar mengunjungi halaman Facebook palsu (Fake Login Facebook).

Phising Facebook merupakan cara yang paling sering digunakan dalam Facebook Hacking.
Cara Phising-nya antara lain:

1. Mengirim Email palsu
Intinya Hacker mengirim sebuat email kepada anda yang seolah-olah merupakan email dari Facebook dan anda diminta untuk mengunjungi sebuah link/url/alamat situs.

2. Melalui IM(internet messenger)
Misalnya Hacker masuk kesebuah room di YM(Yahoo Messenger) dan mempost sebuah link Facebook Palsu.

3. Melalui sebuah situs
misalnya :
a) Hacker membuat sebuah Blog dan memposting artikel menarik tentang Facebook dan mengarahkan anda ke halaman login Facebook palsu.
b) Dengan memberi komentar beserta link Facebook palsu diartikel sebuah situs
c) Hacker menggunakan situs2 iklan baris gratis/non gratis untuk mem-post tulisan ajakan-nya.

4. Dll

Cara Kerja Fake Login Facebook
Saya anggap anda sedang mengunjungi sebuah halaman login Facebook palsu dan saya akan menerangkan cara kerja-nya berdasarnya kualitas pengecoh dari Fake Login tersebut.

1. Simple Fake Login (Low Quality)
Anda memasukkan username dan password akun Facebook anda, maka username dan password anda akan terekam oleh Hacker pemilik halaman login palsu tersebut. Anda tidak dipindahkan kemana2 alias tetap berada dihalaman tersebut.

2. Standar Fake Login (Medium Quality)
Anda memasukkan username dan password akun Facebook anda, maka username dan password anda akan terekam oleh Hacker pemilik halaman login palsu tersebut, Lalu anda di-redirect(dipindahkan) secara otomatis ke halaman Facebook asli seakan2 anda salah memasukkan username atau password. Sehingga apabila anda memasukkan lagi username dan password, maka benar2 masuk ke akun Facebook anda.

3. Best Fake Login (High Quality)
Anda memasukkan username dan password akun Facebook anda, maka username dan password anda akan terekam oleh Hacker pemilik halaman login palsu tersebut, Lalu anda di-redirect(dipindahkan) secara otomatis ke halaman Facebook asli "DALAM KONDISI LOGIN" atau anda memang benar2 masuk ke akun anda tanpa masalah.

Saya yakin anda dapat menyimpulkan sendiri seberapa kecil tingkat kecurigaan anda dari ketiga jenis fake Login diatas.

Cara menghindari Phising
GAMPANG SAJA, BIASAKAN UNTUK MELIHAT ALAMAT DI-ADDRESS BAR BROWSER ANDA SEBELUM LOGIN. PASTIKAN KALAU BENAR-BENAR HTTP://WWW.FACEBOOK.COM/ ATAU HTTP://LOGIN.FACEBOOK.COM/ DAN SEJENISNYA. INTINYA HARUS "[DOT]FACEBOOK[DOT]COM".

Sekilas tentang penulisan fake url (url/alamat palsu)
Contoh:
misalkan alamat http://www.myherro.com adalah alamat fake login Facebook-nya.

kode html:
http://www.facebook.com

hasilnya:
http://www.facebook.com

Yang tampil/tertulis adalah http://www.facebook.com dan tujuan/halaman yang terbuka adalah http://www.myherro.com.




[BERSAMBUNG DEH.....DAH CAPEE NGETIKNYA]



Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More