Widget edited by super-bee

Laman

5.11.2011

Mempunyai Hosting di Komputer Pribadi Dengan Menggunaakan XAMPP


Ingin mempunyai hosting di komputer pribadi dan mendowload berbagai macam script di komputer pribadi tanpa harus repot-repot mengeluarkan uang membeli hosting? solusinya adalah menggunakan sofware hosting. Ada banyak sofware hosting local salah satunya adalah XAMPP.

XAMPP merupakan sofware paling lengkap menyediakan web server, XAMPP terdiri dari PHP, APACHE, dan MYSQL, yang mana ketiga hal diatas merupakan komponen dasar untuk pembuatan website yang paling banyak digunakan, PHP merupakan bahasa pemrograman populer sering digunakan dalam membuat website, kemudian APACHE sebagai web server, dan MYSQL sebagai basis data untuk menangani transaksi website.
Sebelum menggunakan XAMPP, seperti biasa kalau menggunkan sofware harus instal dulu, berikut ini prosesnya :
1. Dowload sofwarenya Klik disini !!!
2. Setelah mendownload xampp, jalankan program xampp tsb.















Double klik atau jalankan klik kanan lalu klik Run.

















Klik Ok.





















Klik Next.





















Klik Next.





















Pilih Install Apache as service dan Install MySQL as service, jika Filezilla ftp server ingin diinstall juga sebagai service pilih juga. Lalu klik Install.





















Setelah instalasi selesai, muncul message berikut :





















Klik Finish, dan kemudian muncul message box berikut :












Klik Ok.












Klik Yes, jika ingin segera menjalankan XAMPP Control Panel.
Instalasi XAMPP 1.6.6 selesai dilakukan.
Tampilan XAMPP Control Panel.






















Setingan pada kontrol panelnya cukup sederhana. Pada bagian Svc ada bagian yang tanpa centang, itu tandanya service dari Aplikasi belum terinstal pada windows. Agar Service terinstall pada Windows Services, klik pada bagian Svc.
Untuk start/stop service tinggal klik pada tombol Start/Stop.
Jika ingin melakukan administrasi, klik pada tombol Admin. basisnya adalah web untuk Apache(web server), sedang mysql(database) dan filezilla(ftp server) maupun Mercury(smtp mail server) berbasis klien software.
Untuk masuk ke system file dari xampp, klik pada tombol Explore.
Berikut tampilan web administrasi pada Xampp.






















Bila kita mau kontrol panel xampp sebagai service di Windows, klik pada tombol Service pada kontrol panel Xampp.























3. Setelah proses instalasi selesai, Anda bisa mengakses control panel XAMPP dari Start Menu > Programs > XAMPP atau melalui shortcut XAMPP pada desktop komputer Anda. Pastikan status dari Apache dan MySQL sudah ‘Running’. Jika status Apache dan MySQL belum Running, klik tombol Start di sebelah kanan Apache dan MySQL.

4. Untuk tes awal, bukalah browser Anda ( Internet Explorer, Mozilla Firefox, Netscape Navigator dan lain sebagainya ), kemudian pada Address bar ketikkan http://localhost/. Jika Apache sudah berjalan dengan normal, browser akan merespons request Anda dan akan menampilkan halaman yang berisi ucapan selamat bahwa Apache sudah terinstal atau berupa tulisan ‘It Works’. Tes ini merupakan tes untuk Apache dan menandakan Apache bisa berjalan dengan normal.

5. Untuk melakukan testing PHP modul sudah bisa berjalan terintegrasi dengan Apache Anda, pada Address Bar ketikkan http://localhost/index.php. Jika modul PHP sudah berjalan dengan baik dengan Apache, browser akan menampilkan tampilan sebuah tabel dengan judul phpinfo() dan isinya berupa spesifikasi PHP yang Anda gunakan. Modul PHP ini harus Anda aktifkan terlebih dahulu jika Anda ingin menggunakan skrip-skrip PHP pada web Anda.

6.Untuk mengujicoba jalannya MySQL, pada Address Bar ketikkan http://localhost/phpmyadmin/. Jika MySQL database server juga telah berjalan dengan baik, browser akan menampilkan PHPMyAdmin, control panel dari MySQL dengan interface berbasis web. Pertama kali, Anda akan langsung masuk ke dalam PHPMyAdmin conrol panel dengan hak akses root. Root merupakan user dengan hak akses penuh terhadap database ( di Windows, hak akses semacam ini dikenal dengan istilah Administrator dan sehari-hari dikenal dengan istilah Admin ). Sangat disarankan kita mengamankan akses ke PHPMyAdmin ini dengan jalan memberikan password untuk mengakses PHPMyAdmin, terutama untuk user root. Disarankan pula, tidak memberikan hak akses penuh kepada user selain root atau untuk alasan keamanan lainnya, Anda bisa memberikan hak akses penuh setingkat root pada user lainnya, tetapi Anda harus mengamankan dan memperlakukan user ini sebagaimana root karena hak akses yang dia miliki. Untuk user lainnya, Anda bisa memberikan hak akses terbatas kepada user lain menurut kebijakan Anda sebagai administrator.

Sekedar diketahui pula, MySQL semula hanya bisa diakses melalui prompt MySQL pada konsol ( di Windows dikenal dengan nama Command Prompt ). Bagi pemula yang masih kurang familier dengan operasi konsol dan sintaks query dari SQL yang digunakan pada MySQL, PHPMyAdmin ini akan sangat membantu. Bagi administrator database profesional pun, PHPMyAdmin pun juga akan sangat membantu tugas-tugas mereka, terutama dalam proses manajemen sistem, pengaturan hak akses user, setting keamanan database, dan lain sebagainya. Kini, prompt MySQL lebih sering digunakan pada proses maintenance dan pengendalian pada kondisi crash dan kondisi yang sangat minimal ( network mengalami gangguan atau tidak tersedia monitor dan sistem terganggu sehingga prompt hanya bisa diakses secara remote ).

7. Jika Anda telah selesai menginstall XAMPP di C:, maka $PATH_INSTALASI\xampp\htdocs dibaca menjadi C:\xampp\htdocs. jika anda mempunyai script suatu website bisa di uji coba menggunakan sofware ini, sebelum script tersebut di instal di hosting sebenarnya. Caranya buatlah new folder di C:\xampp\htdocs dan beri nama sesuka anda, misalnya mlm. Lalu letakan script anda di file C:\xampp\htdocs\mlm.

8. Ikuti Intruksi cara instalasi script, karena masing-masing script cara instalnya berbeda-beda.

9. Jika sudah selesai proses instalnya, bukalah browser Anda ( Internet Explorer, Mozilla Firefox, Netscape Navigator dan lain sebagainya ), kemudian pada Address bar ketikkan http://localhost/mlm

10. Maka Jadilah website anda. Untuk editing website anda bisa menggunakan Dreamweafer atau frontpage.

NB: Jika Script Anda meminta data Database maka gunakan Database dibawah ini. Daftar User dan Password di XAMPP :Berikut list user dan password pada xampp
1) Untuk database MySQL:
database User: root
Password: (tanpa password alias dikosongkan ^_^!)

2) FileZilla FTP:
User untuk klien ada 2 buah yang sudah dibuat secara default
User: newuser
Password: wampp
dan
User: anonymous
Password: some@mail.net

3) Mercury(Mail & POP3 Server):
Memiliki 3 user default yaitu :
Postmaster: postmaster (postmaster@localhost)
Administrator: Admin (admin@localhost)
dan
TestUser: newuser
Password: wampp

Semoga penjelasan diatas bisa menambah ilmu Anda sedikit. Untuk mendapatkan contoh-contoh script bisa diperoleh di member area www.skripmurah.com

Sumber :

Dari berbagai sumber atau dari om google ^_^,




Artikel Terkait:

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More