Widget edited by super-bee

Laman

1.21.2012

Mencegah Virus dengan Menonaktifkan AutoPlay

Tugas Kuliah Beres..,Itu artinya update blog lagi.
haha..

oke deh,, kali ini Bun No Ichi ingin sedikit sharing untuk meminimalisir penyebaran virus di komputer kita.

Virus..,pasti temen-temen dah tau apa itu virus. Banyak cara si Virus ini bisa masuk ke komputer kita. Di antaranya bisa melalui email, web, cd, disket, dan yang paling sering tiada lain dan tiada bukan penyebaran si virus melalui flashdisk. Flashdisk memang sudah menjadi kebutuhan pokok dan paling sering digunakan, terutama untuk keperluan penyimpanan data sementara atau sekedar untuk transfer file dari satu pc ke pc lain.

Tapi bagaimana jadinya, bila ketika kita mencolokkan sebuah flashdisk ke komputer kita, tiba-tiba si virus yang kebetulan berdiam di flashdisk tersebut langsung menyerang komputer kita? Kita pasti kaget dan tentunya merasa kesal. Hanya karena sebuah flashdisk, Kita harus merelakan komputer kita di datenging tamu tak diundang seperti si virus ini.

Padahal ada sebuah pencegahan kecil yang cukup bermanfaat dan berguna untuk mencegah penyebaran virus melalui flashdisk, sebuah cara pencegahan agar ketika kita mencolokkan sebuah flashdisk (yang ada virusnya) si virus tersebut tidak secara otomatis berjalan atau menyerang komputer kita.

Ada yang tau ???
Yups itu dia…yaitu dengan cara menonaktifkan fitur “AutoPlay” di komputer kita, paling tidak, kita sudah melakukan sebuah langkah sederhana untuk mencegah sebuah virus berjalan (menyerang) secara otomatis, ketika sebuah flashdisk (yang ada virusnya) dicolokan ke komputer kita.

Dengan langkah sederhana ini juga, kita tidak perlu lagi khawatir ketika mencolokkan sebuah flashdisk ke komputer kita. Tidak perlu lagi kita menebak-nebak, apakah flashdisk ini aman dari virus atau tidak, juga tidak perlu lagi merasa takut, komputer bakal terkena virus hanya karena mencolokkan sebuah flashdisk. (dengan asumsi bahwa anda tidak sembarangan mengklik sebuah file yang terdapat di flashdisk tersebut)

Untuk menonaktifkan fitur “AutoPlay” inilah langkah-langkah :

  • Klik Start Menu – RUN

  • Ketik : gpedit.msc tanpa tanda kutip kemudian tekan ENTER

  • Setelah itu kita akan masuk ke jendela Group Policy

  • Kemudian di jendela sebelah kiri carilah folder System dengan cara klik Local Computer Policy >> User Configuration >> Administrative Templates >> System setelah kita berada di folder System kita cari di windows sebelah kanan opsi Turn Off AutoPlay (akan terlihat bahwa opsi tersebut Not Configured) untuk merubah opsi tersebut, double klik Turn Off AutoPlay, kemudian akan muncul jendela Turn Off AutoPlay Properties, setelah itu anda beri ceklist pada pilihan Enable, dan pilihan Turn Off AutoPlay on kita pilih All Drives, lalu tekan OK.

  • Untuk meyakinkan fitur tersebut aktif, restart komputer kita.
Kini, media apapun (entah itu cd atau flashdisk) yang dicolokan/ dimasukan ke komputer kita, tidak akan berjalan secara otomatis. Sehingga kitapun, bisa sedikit tenang karena meskipun didalam flashdisk tersebut ada virus, si virus tersebut tidak akan bisa secara langsung atau otomatis menginfeksi komputer kita.


Artikel Terkait:

Comments
3 Comments

3 komentar:

nice inpoh gan,, tapi bacanya pusing bayang antara tulisan n background

haha..,
makasih kritiknya juragan,,,
mw gnti templet tapi sayang..
masih cinta soalnya sama orang yang di backgroundnya :p

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More